Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Aturan Pengembalian Barang

Disclaimer : Mekanisme pengembalian ini berlaku untuk metode pembayaran selain OVO.

  1. Untuk pesanan Produk yang sudah diterima oleh Pembeli, dapat diajukan permohonan Pengembalian Barang (Retur) atau Pengembalian Uang (Refund) apabila dalam kondisi sebagai berikut :
    1. Produk Rusak
    2. Produk Kadarluasa
    3. Produk Tidak Sesuai/Tidak Lengkap (Salah ukuran atau salah Produk)

  1. Bagi pesanan produk yang sudah diterima oleh Pembeli dalam kondisi jumlah produk kurang dari yang dipesan, Pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian uang sesuai jumlah produk yang kurang diterima.

  1. Permohonan Retur atau Refund selain dengan alasan yang disebutkan dalam Poin 1) dan 2) di atas, tidak dapat diproses.

  1. Syarat dan Ketentuan untuk mengajukan permohonan retur atau pengembalian uang oleh Pembeli sebagai berikut :
    1. Item harus dalam kondisi pembelian aslinya
    2. Semua kemasan setiap item tidak dibuka dan tidak rusak dengan cara apapun kecuali untuk klaim produk rusak
    3. Pembeli diwajibkan melakukan Video Unboxing sebagai Bukti untuk pengajuan Retur/Refund
    4. Item yang dibeli sebagai bagian dari paket set atau multi-item, harus dikembalikan sebagai keseluruhan rangkaian.
    5. Pengembalian barang secara Sebagian/parsial diperbolehkan, tetapi tidak termasuk barang yang tidak diajukan permohonan retur.

  1. Permohonan retur produk hanya dapat diajukan ke pihak Customer Service Watsons paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak pesanan diterima oleh Pembeli, dengan menyampaikan Email pengaduan ke Customer Service Watsons (customerservice@watsos.co.id) serta lengkap dengan foto kondisi pesanan produk yang diterima/ video Unboxing Produk dan setelah itu silahkan mengikuti arahan selanjutnya dari Customer Service.

  1. Pembeli wajib mengirimkan produk yang akan diretur paling lambat 3 Hari Kerja setelah memperoleh persetujuan dari Customer Service Watsons ke Alamat Kantor Pusat Watsons yang akan diinfokan detail Alamat nya oleh Customer Service, beserta melampirkan Formulir Retur yang sudah diisi lengkap.

  1. Untuk pengembalian barang, Pembeli disarankan memilih jasa pengiriman JNE atau PT. POS dengan tipe pengiriman Reguler (untuk jasa kirim COD tidak diperbolehkan) dan Pembeli membayar biaya kirim terlebih dahulu.

  1. Biaya kirim pengembalian barang akan ditanggung oleh Watsons dan akan diganti ke Pembeli bersamaan dengan uang pengembalian dana.

  1. Setelah pengembalian Produk telah dikirimkan melalui Ekspedisi, selanjutnya Foto Resi pengiriman barang yang di retur tersebut dan dikirimkan/diinfokan kepada Customer Service.

  1. Pihak Customer Service berhak Menolak Permohonan Retur apabila Pembeli belum mengirimkan barang yang di retur dalam waktu yang ditentukan tersebut.

  1. Apabila semua data/formulir/Produk telah lengkap diterima dan di cek oleh pihak Watsons serta sudah sesuai, maka Proses Refund ke Rekening Bank atas Nama Pembeli akan dilakukan paling lambat 14 (empat belas) Hari Kerja sejak produk diterima di alamat yang tertera di Formulir Retur, atau sejak Permohonan Refund diterima dalam hal produk diterima kurang dari jumlah yang dipesan.
Aturan Pengembalian Barang - OVO

Solusi Pengembalian (Refund) dengan metode pembayaran OVO.

Berapa lama saya akan menerima dana pengembalian dengan metode pembayaran OVO?
Saat ini untuk metode pembayaran OVO tidak didukung fasilitas pengembalian dana (Refund), maka dalam pengembalian dana akan dalam bentuk voucher refund.

Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah pelanggan memperoleh persetujuan dari pihak Watsons.

Voucher Refund merupakan pengembalian dana dalam bentuk voucher yang kamu dapatkan saat kamu mengembalikan produk dengan alasan pembatalan pesanan (Berubah Pikiran, Ukuran Kebesaran/Kekecilan) atau terjadi kesalahan pada produk yang terkirim. Pengembalian dengan metode Voucher Refund diproses dalam waktu 1 hari kerja setelah barang sampai di Watsons atau sesuai persetujuan dan verifikasi oleh Customer Service.

Jika ada kesalahan penggunaan voucher refund maka akan dikembalikan dalam bentuk voucher pengganti.

Apa saja solusi yang disediakan Watsons untuk masalah pengembalian produk dengan metode pembayaran OVO?
Watsons akan menawarkan 2 macam solusi untuk pengembalian produk;

  • Voucher (pengembalian uang dalam bentuk voucher belanja), dan
  • Solusi lainnya (misal pengembalian kelebihan).
Jika telah melakukan proses pengembalian dengan alasan "perbedaan ekspektasi / pembatalan transaksi", pengembalian dana diberikan dalam bentuk voucher refund.

Berikut solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:
  1. Produk dan/atau kemasan rusak - Voucher refund.
  2. Produk tidak sesuai pesanan - Voucher refund.
  3. Sudah/hampir kadaluwarsa - Voucher refund.
  4. Jumlah produknya kurang - Voucher refund.
  5. Spesifikasi /Ukuran /Warna tidak sesuai deskripsi - Voucher refund.
  6. Aksesori produk tidak lengkap - Voucher refund.
  7. Jumlah produknya kelebihan - Kembalikan kelebihan.
  8. Produk tidak sesuai ekspektasi - Voucher refund.
Berapa lama proses pemeriksaan produk pengembalian?
Proses pemeriksaan/pengecekan standar kualitas adalah maksimal 3 hari setelah produk kami terima/tiba di Watsons.

Kapan saya dapat menerima voucher pengembalian?
Voucher refund akan ditambahkan di akun kamu sesaat setelah kami berikan solusi atas pengembalian produk.

Apakah voucher refund dari retur bisa digabung dengan voucher lain?
Voucher refund tidak dapat digabungkan dengan voucher lainnya.

Apa yang harus saya lakukan jika voucher refund saya tidak dapat digunakan?
Voucher refund tidak dapat digunakan jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. Kamu dapat menghubungi Customer Service untuk bantuan lebih lanjut.

Apakah saya dapat menggunakan sebagian nominal dari voucher pengembalian saya?
Nilai voucher refund hanya dapat digunakan seluruhnya. Mohon pastikan harga produk yang kamu belanjakan lebih besar dari nilai voucher yang kamu miliki.

Apakah voucher pengembalian saya akan hilang jika status pesanan saya dibatalkan?
Jika pesanan dibatalkan karena belum melakukan pembayaran, maka voucher refund akan dikembalikan ke akun kamu.

Bagaimana ketentuan penggunaan voucher refund dari retur?
  1. Berlaku hanya untuk pengguna website dan aplikasi Watsons ID
  2. Tidak ada pembayaran minimal.
  3. Voucher hanya dapat digunakan 1 kali.
  4. Masa berlaku Voucher adalah 30 hari setelah voucher diterbitkan.
Saya tidak puas dengan solusi pengembalian saya. Apa yang dapat saya lakukan?
Produk yang dikembalikan akan melewati tahap pengecekan standar kualitas dari pihak Watsons. Pihak Watsons berhak mengirimkan kembali produk kamu yang tidak sesuai dengan standar kualitas pengembalian produk.

Keputusan dan Kebijakan Watsons mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau voucher refund bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Watsons berhak untuk menolak pengajuan pengembalian kamu jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.