Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Digitalisasi membuat kita hidup di lingkungan yang serba cepat, sehingga sering menyedot energi mental kita atau menimbulkan isu kesehatan mental lainnya. Itulah kenapa, menjaga kesehatan mental di tempat kerja itu penting. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya pikiranmu tetap terkontrol dan tidak burn out. Ini dia enam langkah mudah biar kamu tetap sehat jiwa dan raga!


Cara Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Sekarang ini kita bisa menghadapi lelah yang bukan hanya berkaitan dengan fisik, tapi juga mental. Bahkan, dampaknya bisa lebih buruk ke dirimu. Makanya, cermati enam cara di bawah ini, yuk!

1. Pertegas batas pribadi

Cara pertama yang mesti kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja adalah mempertegas batas pribadi.

Cara pertama yang mesti kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja adalah mempertegas batas pribadi. Maksudnya? Tempat kerja sering kali memberikan tugas-tugas tambahan di luar jam kerja atau tanggung jawabmu. Bahkan, orang yang punya privilege untuk work from home pun punya kemungkinan untuk mengalami stres atau burn out.

Makanya, kunci dari permasalahan ini adalah dengan mempertegas batasan pribadimu. Berikan batasan yang jelas antara jam kerja dan jam me time atau kumpul dengan keluarga. Kalau kamu WFO, manfaatkan weekend sebaik-baiknya untuk recharge. Sedangkan buat yang lagi WFA, beri batasan waktu dan tempat untuk menuntaskan tugas-tugasmu.

2. Sempatkan waktu untuk self-care

Di sela-sela kesibukanmu sebagai pekerja, sempatkan waktu self-care untuk memelihara kewarasanmu. Self-care ini bisa dilakukan saat weekend atau di sela-sela waktumu bekerja, kok. Coba lakukan kegiatan sederhana seperti mengonsumsi snack bergizi dari Flimeal. Sebagai cokelat vegan, Flimeal bisa menunda rasa lapar dan menaikkan mood-mu. Total kalorinya juga cocok banget buat kamu yang lagi defisit kalori, kok, cuma 200 Kkal aja!

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

3. Kelola waktu kerja dengan baik

Kelola waktu kerja dengan baik

Manajemen waktu adalah segalanya di sela-sela harimu yang padat. Pastikan kamu bisa mengelola waktu kerja dengan baik sehingga tahu mana pilihan waktu yang pas untuk otak bekerja lebih produktif. Cara ini bakal membebaskanmu dari rutinitas yang kurang fokus dan justru membuang-buang waktu serta energi.

Kamu bisa mulai dengan cara mengidentifikasi seluruh tugas yang mesti dikerjakan. Setelah itu, buat skala prioritas berdasarkan project yang paling besar atau paling urgent. Cara lainnya adalah mengerjakan tugas termudah lebih dulu sehingga kamu merasa senang dan memicu semangat untuk menyelesaikan hal lainnya lagi.

4. Ciptakan budaya kerja yang suportif

Ciptakan budaya kerja yang suportif

Lingkungan kerja yang mendukung juga bakal bikin kamu lebih produktif serta terhindar dari masalah kesehatan mental, lho! Usahakan kamu menciptakan budaya kerja yang enak, baik dengan kolega maupun bawahan. Buat para pemilik perusahaan, selenggarakan acara-acara di luar jam kerja yang dapat mempererat hubungan kalian.

Nah, bagi para karyawan, jalinlah komunikasi yang enak dengan sesama karyawan maupun atasan biar kamu lebih enjoy saat datang ke kantor. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk meminta atau menerima feedback setiap minggu untuk meningkatkan performa kerjamu di kantor. Hal ini biasa dilakukan di tempat kerja dan bagus buat self-improvement, kok!

5. Jangan takut menggunakan layanan dukungan mental

Jangan takut mengg

Kita hidup di era ketika banyak orang mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Tapi, masih banyak di antara kita yang malu atau malas untuk ngobrol dengan psikolog atau menggunakan layanan dukungan mental. Padahal, tidak ada salahnya, lho, untuk menjadwalkan pertemuan rutin buat membedah beban pikiran yang ruwet. Kamu bisa pakai aplikasi layanan kesehatan yang sekarang menyediakan opsi psikolog atau psikiater bagi penggunanya.

6. Dorong work-life integration

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja: Dorong work-life integration

Work-life integration adalah usaha menyinergikan pekerjaan kamu dengan kehidupan pribadi. Hal ini bukan berarti waktu recharge-mu terampas, kok. Sebab, hal-hal yang kamu lakukan di sini juga bisa berdampak pada perkembangan diri yang mana bagus untuk meningkatkan skill dan kompetensi kamu di lingkungan kerja. Misalnya, padatkan waktu kerjamu dan ambil kelas tambahan dari kantor pada akhir pekan untuk memacu self-improvement.


Dari enam cara di atas, adakah langkah-langkah yang sudah kamu lakukan selama ini buat menjaga kesehatan mental di tempat kerja? Kalau belum, coba salah satu dari sederet langkah di atas dan perlahan-lahan tingkatkan hal itu untuk mencapai hal yang lebih baik lagi. 

Dukung perkembangan dirimu dengan mengonsumsi snack sehat dan juga perlengkapan self-care lainnya yang bisa kamu peroleh di Watsons! Kalau mau lebih praktis lagi, kamu bisa check out lewat aplikasi Watsons ID di Play Store atau App Store, lho.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

Jangan lupa juga untuk daftar jadi member Watsons Club, supaya kamu bisa nikmati diskon ekstra dan beragam keuntungan lainnya 🙂

Previous

7 Sampo Bayi dan Anak yang Tidak Pedih di Mata

Next

6 Rekomendasi Makeup untuk Neutral Undertone

Related Topics
Share